Home » » Nekad Selamatkan Tentara Denmark, Prajurit TNI Ini Disebut Gila

Nekad Selamatkan Tentara Denmark, Prajurit TNI Ini Disebut Gila




Nama harum Prajurit TNI di kancah internasional dalam tugas PBB kembali ditorehkan. Adalah pasukan TNI yang tergabung dalam misi perdamaian di Lebanon UNIFIL yang kembali dipuji pasukan dari negara lain karena keberanianya.
Ia adalah Sersan Kepala Pasukan (Serka Pas) Abdullah Lubis, prajurit Batalyon Komando (Yonko) 462 Paskhas/Pulanggeni, Pekanbaru. Dia disebut gila oleh para prajurit dari negara lain selama bertugas di Lebanon.
“Iya, saya disebut tentara Amerika sebagai prajurit crazy, tentara gila,” kata Serka Abdullah Lubis, saat bincang-bincang dengan penulis, Selasa, 18 Oktober 2016, di Markas Yonko 462 Paskhas.
Lubis, demikian ia dipanggil kawan-kawannya, menceritakan kenapa julukan itu disematkan ke dirinya. Saat menjadi pasukan perdamaian PBB di Lebanon, United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), November 2009-2010, ia bersama timnya ditempatkan di daerah bernama Acid al Qusairi.
Pasukan perdamaian PBB asal Indonesia diawali dengan pengiriman Garuda 23A di dalamnya terdapat anak pertama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono. Lubis tergabung dalam Pasukan Garuda 23D. Di Acid al Qusairi, sebelum pasukan Garuda masuk, sudah ada pasukan dari negara lainnya.
“Sayangnya, mereka ini tak menyatu dengan masyarakat sekitar. Ditambah lagi, pasukan tersebut berasal dari bukan negara berpenduduk mayoritas Islam, seperti Indonesia,” kata penyandang kualifikasi Jump Master ini.
Bagi Bintara Operasi Yonko 462 Paskhas/Pulanggeni, Pekanbaru ini, berbagai upaya pendekatan dilakukan. Mulai dari menyerahkan bantuan komputer, buku, mainan hingga kemasyarakatan lainnya.
“Setelah empat bulan kita di sana, warga merasa nyaman. Biasanya cuek, apatis, dengan kedatangan TNI, mereka responsif,” kata prajurit pernah dinas di Papua ini.
Keuntungan sebagai sesama muslim inilah kemudian memudahkan tugas-tugas Pasukan Garuda di Lebanon. Termasuk saat menyelamatkan dan evakuasi dua prajurit tentara Denmark yang masuk ke dalam jurang bebatuan kedalaman 100 meter.

sumber
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

ingat-POPULER

close
close